Senin, 09 Agustus 2010

Upgrade OS via DM

Ada poin menarik sekaligus agak membingungkan tentang upgrade BB menggunakan DM. Selama ini saya pikir upgrade via DM hanya bisa dilakukan oleh BB dengan garansi operator atau TAM alias garansi resmi, bukan yang melalui distributor di luar yang saya sebutkan tadi. Tetapi saat saya iseng meng-upgrade Blackberry Curve 8520 alias Gemini dengan garansi bl*ss via DM, ternyata berhasil! Cepat sekali bahkan, karena tidak perlu melakukan wipe device dan backup-restore 3rd party application.

Langkah-langkahnya pun sangat mudah, anda cukup menyambungkan BB ke PC (dengan kabel data tentunya), lalu biarkan DM mendeteksi apakah ada available updates. Bila sudah -dan terdeteksi ada update- klik untuk melanjutkan (either next or upgrade, lupa). Lalu tinggal tunggu sampai semuanya selesai. Dari pengalaman saya, butuh sekitar 30 menit sampai semuanya selesai.

Kelebihan cara ini :

  1. Sekali klik beres. Sudah termasuk backup dan restore data-data (Contatcs, Notes, Calendar, dsb).

  2. Gak perlu backup 3rd app application, setidaknya di kasus saya sih semua beres dan tidak ada aplikasi yang hilang.


Kekurangannya :

  1. Tidak bisa menggunakan shrinked OS, OS Hybrid dan juga (sepertinya) leaked OS.

  2. Ada anggapan "kurang bersih" di beberapa forum internet, karena langkah-langkahnya yang menimpa OS lama yang sudah terinstal di BB.

  3. Koneksi Internet berkecepatan tinggi mutlak diperlukan, karena durasi upgrade via DM ini ditentukan oleh download speed PC yang digunakan. Tetapi saya belum tahu berapa minimal kecepatan yang dianggap ideal. Sebagai acuan, saya menggunakan paket up to 1 Mbps yang ditawarkan ISP saya.


Beberapa hal yang masih menjadi pertanyaan




  1. Kenapa ada yang bisa updatenya dan ada yang tidak. Saya pernah mengalami kasus seperti ini : Di Gemini A, terdeteksi ada updates, lalu dilakukan seperti cara di atas dan berhasil. Tetapi ketika dicoba di gemini lain, ternyata tidak berhasil. Padahal oleh DM terdeteksi adanya updates baru, tetapi ketika semua selesai dan BB selesai booting, ternyata OSnya masih sama seperti semula. Padahal saat itu saya menggunakan PC dengan koneksi yang lebih cepat daripada ketika saya mencoba upgrade via DM untuk pertama kali.

  2. Apa efeknya bila proses upgrade via DM terhenti karena faktor lain, misalnya internet tiba-tiba offline. Solusi sementara, mungkin dengan melakukan wipe lalu dilanjutkan dengan cara seperti Tutorial saya sebelumnya.




Sekian dan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar